Rabu, 02 Januari 2019

QARD (utang piutang)

Qard adalah harta yang dipinjamkan kepada seseorang yang membutuhkan yang mana ada kewajiban untuk mengembalikannya dalam jumlah atau takaran yang sama.
Landasan hukum disyari’atkannya qard adalah QS. al-Baqarah ayat 245:
مَّن ذَا ٱلَّذِى يُقْرِضُ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَٰعِفَهُۥ لَهُۥٓ أَضْعَافًا كَثِيرَةً
Siapakah yang mau memberi kepada allah, pinjaman yang baik (menafkahkan harta dijalan allah), maka allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak.
Rukun Qard
1.      Dua orang yang berhutang
2.      Barang yang dihutangkan
3.      Akad (shighat)
Syarat Qard:
1.      Akad qard dilakukan dengan sighat ijab dan kabul atau bentuk lain yang menggantikan, seperti muatah (akad dengan tindakan/ saling memberi dan saling mengerti).
2.      Kedua belah pihak harus cakap hukum (berakal, baligh dan tanpa paksaan). Berdasarkan syarat ini, maka qard sebagai  akad tabarru’ (berderma/ sosial), maka akad qard yang dilakukan oleh anak kecil, orang gila, orang bodoh atau orang yang dipaksa, maka hukumnya tidak sah.
3.      Menurut kalangan Hanafiyah, harta yang dipinjamkan haruslah harta yang ada padanannya di pasaran,, atau padanan nilai (mitsli), sementara menurut Jumhur Ulama, harta yang  dipinjamkan dalam qard dapat berupa harta apa saja yang dapat dijadikan tanggungan.
4.      Ukuran, jumlah, jenis dan kualitas harta yang dipinjamkan harus jelas agar mudah untuk dikembalikan. Hal ini untuk menghindari perselisihan di antara para pihak yang melakukan akad qard.
Al-Zuhaili juga menjelaskan dua syarat lain dalam akad qard, pertama, qard tidak boleh mendatangkan keuntungan atau manfaat bagi pihak yang meminjamkan. Kedua, akad qard tidak dibarengi dengan transaksi lain, seperti jual beli atau lainnya.

[sumber rujukan Imam Mustofa, Fiqih Muamalah Kontemporer (Jakarta: Rajawali Pers, 2016)]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SIKAP PENTING SEORANG WIRAUSAHAWAN DAN KEPRIBADIAN YANG HARUS DIMILIKI SEORANG WIRAUSAHAWAN

A.     Sikap Penting Seorang Wirausahawan a)       Pekerja Keras dan Cerdas : dalam menjalankan suatu usaha memerlukan banyak energi dan d...